Jenis-jenis Polip Usus Yang Harus Diwaspadai

Jenis-jenis Polip Usus Yang Harus Diwaspadai,- Pasti diantara Anda ada yang mengetahui tentang penyakit polip kolon. Polip kolon atau polip usus besar adalah salah satu gangguan pencernaan yang sebagian besar polip tidak berbahaya berbentuk gumpalan kecil dari sel-sel yang terbentuk pada lapisan usus besar (kolon). Namun jika terlalu lama tidak kunjung mendapatkan pengobatan / penanganan serius polip akan berubah jadi kanker.

Penyakit polip kolon ini bisa terjadi pada siapa saja. Orang yang mempunyai risiko tinggi mengalami polip kolon yaitu yang berusia lebih dari 50 tahun, kelebihan berat badan atau perokok, makan makanan yang tinggi lemak dan kurang serat, serta yang memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena polip kolon atau kanker kolon.

Ternyata polip jenis ini terbagi kedalam 3 bagian, diantaranya adalah

1. Adenomatosa
Sebagian besar polip termasuk dalam kategori ini. Meskipun hanya sebagian kecil polip yang berkembang menjadi kanker, namun hampir semua polip ganas yang berasal dari jenis adenomatosa.

2. Hiperplastik
Paling sering terjadi di kolon dan rektum. Biasanya memiliki ukuran <1/4 inci (5 mm), jenis polip ini sangat jarang berkembang menjadi kanker.

3. Inflamasi
Polip ini dapat menyertai serangan ulcerative colitis atau penyakit Crohn pada kolon. Meskipun polip sendiri tidak terlalu berbahaya, namun memiliki ulcerative colitis atau penyakit Crohn pada kolon meningkatkan risiko kanker kolon.

Pada sebagian polip ternyata tidak terdapat gejala, namun bisa diketahui jika pasien melakukan pemeriksaan kesehatan rutin atau saat melakukan pemeriksaan usus untuk tujuan lain. Biasanya gejala yang dapat dirasakan oleh penderita polip usus besar mereka akan mengalami:

  1. Keluarnya darah dari anus, darah mungkin akan ditemukan pada celana dalam atau keluar bersamaan dengan tinja.
  2. Terjadi konstipasi atau diare lebih dari seminggu
  3. Tinja yang berbau hitam dan amis. Gejala ini keluar karena campuran darah dan tinja.

Jika gejala tersebut yang Anda rasakan, segera lakukan pemeriksaan ke dokter ahli. Jika terbukti benar, dapatkan pengobatan yang sesuai dan nyaman untuk Anda.

Nah demikianlah Jenis-jenis Polip Usus Yang Harus Diwaspadai yang mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda. Salam sehat dan jika berkenan kami akan merekomendasikan obat herbal Jelly Gamat Gold-G untuk membantu dalam penyembuhan polip usus. Simak selengkapnya DISINI.


0 Response to "Jenis-jenis Polip Usus Yang Harus Diwaspadai"

Posting Komentar